7 Tips Mudah Menjaga Dapur Bersih & Rapi Sepanjang Hari

Tidak susah sebenarnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi, asal kamu mau melakukan sedikit usaha. Banyak ibu rumah tangga mungkin akan memilih melakukan sekian hal ini dibanding membiarkan rumah berantakan.
  • Membuang benda-benda tak terpakai dalam kulkas

    Menyortir isi kulkas seringkali melelahkan. Jadi jika ada makanan sisa yang tak lagi dimakan atau sayur dan buah yang sudah lama, segera buang agar bisa diisi yang baru.

  • Selalu menaruh plastik tempat sampah

    Setelah selesai membuang sampah, selalu isi kembali tempat sampah dengan plastik sehingga lebih mudah dibuang. Sampah juga tidak berceceran.

  • Mengelap tempat cuci piring setiap selesai mencuci

    Biasanya air akan terciprat ke mana-mana saat mencuci piring apalagi ketika banyak cucian, itulah mengapa selalu siapkan lap basah untuk membersihkan bak cuci piring setelah selesai.

  • Merendam panci bekas pakai dengan air sebelum meninggalkannya di bak cuci piring

    Biasanya panci susah dibersihkan karena ada makanan yang lengket atau hitam karena kompor. Untuk mempermudah mencucinya, rendam sesegera mungkin setelah memasak, sebelum meninggalkannya untuk makan.

  • Menyiapkan lap dan semprotan di sudut dapur

    Selalu siapkan lap dan semprotan berisi sabun di pojok dapur sehingga setiap kali ada minyak yang tumpah atau yang lainnya, langsing bersihkan.

  • Menaruh keset di lantai dapur

    Menaruh keset di dapur bisa mempermudah diri membersihkan agar tidak terpeleset ketika ada yang tumpah.

  • Menyiapkan lap kering di salah satu loker lemari

    Selalu siapkan lap kering di satu loker lemari, jadi ketika dibutuhkan, langsung ambil dan bersihkan dapur.

Itu dia kebiasaan yang sering dilakukan ibu-ibu rumah tangga yang bersih dan tak suka melihat dapurnya kotor.

Kue Pancong Gurih Nikmat

Langkah Menjadikan Resep Kue Pancong Yang Gurih serta Enak Oleh Gampang. Kue satu ini dapat disebut satu diantara kue tradisional besutan negara kita yang telah berawal hilang di market. Waktu saya tetap kecil, kue pancong atau pula di kenal oleh nama kue rangin, kue gandos, bandros atau kue daluman ini adalah satu diantara type kue yang disebut kesukaan kami sekeluarga. Harga nya lumayan terjangkau namun rasa-rasanya lumayan enak serta gurih. Ya, sebab memakai parutan kelapa serta santan, resep pancong ini rasa-rasanya begitu gurih serta enak. Mengingat bila diatasnya ditaburi gula pasir putih. Yummy, begitu enak sekali kepada disantap berbarengan satu gelas teh panas atau kopi. Namun begitu disayangkan sekali, baru-baru ini penjual kue tradisional ini telah begitu tidak sering dapat didapati. Kepada melestarikan budaya kuliner bangsa sendiri, kesempatan ini kita bakal mengajak rekan rekan kepada menjadikan resep pancong ini dirumah. Bahan bahan serta langkah menjadikan kue pancong begitu gampang serta simpel kok.

Resep Kue Pancong Gurih

Bila lihat sejarahnya, resep kue pancong ini berasal besutan daerah Jawa Tengah serta Jawa Timur. Kepada tempatnya sendiri tetap simpang siur sebab ditempat aslinya, kue yang terbuat besutan tepung beras ini sendiri diberi nama resep kue rangin. Sebab ketidaksamaan demografi yang baru-baru ini telah bukanlah jadi kendala besar, kue yang rasa-rasanya gurih serta enak ini nyatanya pula oleh mudah diketemukan di daerah lain. Sudah pasti, namanya juga tidak sama, misal kue badros bila di daerah Bandung, Daluman buat masyarkat di pulau Bali serta malahan terdapat yang menyebutnya tratak jaran di daerah Bojonegoro.

Buat ada banyak di antara kita mungkin saja tetap oleh gampang dapat temukan penjual kue pancong ini di sekitar tempat tinggal atau sekolahan anak anak. Ya, dibeberapa tempat tetap dapat oleh gampang temukan penjual kue satu ini, namun pada umumnya saat ini sepertinya begitu tidak sering sekali dapat didapati. Walau sebenarnya bandrol kue pancong ini dapat disebut lumayan gampang serta tak kuras kantong lho. Resep kue rangin ini pula unggul aman serta sehat buat anak anak dari pada jajanan lain yang umumnya diketemukan di sekolah mereka. Rasa-rasanya pula lumayan enak serta lezat oleh struktur luarnya yang lumayan garing serta lembut pada bagian dalam. Meskipun harga nya lumayan terjangkau, sepertinya tak dapat disangkal sekali lagi yang menjelaskan kehadiran resep pancong ini telah berawal punah serta berawal digerus dengan zaman.

Kepada itu, telah sepantasnya kita turut melestarikan kehadiran resep kue pancong ini. Mengingat langkah menjadikan kue pancong pula begitu simpel serta gampang diikuti. Alat alat serta bahan berbahan juga gampang didapat di beberapa toko di kisaran tempat tinggal. Bila permasalahan rasa tak kalah kok dibanding oleh resep kue tradisional yang lain, misal kue pukis serta yang lain. Kepada unggul tuturnya, silakan lihat bahan bahan apa sajakah yang diperlukan kepada menjadikan resep kue pancong sendiri dirumah.

Rawon, Kenikmatan Resep Legendaris Khas Jawa Timur

Rawon, salah satu kuliner legendaris Jawa Timur yang resepnya terjaga sejak lama.
Berbicara tentang Jawa Timur, tentu tidak lepas dari berbagai kulinernya yang khas, yang resepnya terjaga hingga ratusan tahun. Rawon merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang memiliki cita rasa yang unik, dan mungkin satu-satunya sup di dunia yang warnanya hitam legam.

Menurut Bondan Winarno, dalam bukunya 100 Mak Nyus Jakarta, warna hitam khas pada rawon diperoleh dari buah keluak. Buah yang dalam bahasa latin bernama Pangium edule dan hanya tumbuh di rawa-rawa ini, mampu menghasilkan rasa yang unik dan gurih. Tak hanya itu, kandungan zat dalam buah keluak bisa menimbulkan aroma herbal pada masakan.

Proses pengolahan keluak dalam masakan tidak kalah rumitnya seperti mengolah anggur hingga menjadi sebotol wine. Rasa unik keluak bisa melebur dengan tekstur daging sapi, sehingga rasa rawon bisa menjadi unik.

Secara umum, kenikmatan olahan rawon ditentukan oleh tiga hal, yaitu kualitas daging, kualitas kaldu, dan kualitas bumbunya. Daging yang berkualitas bagus untuk dijadikan bahan dasar pembuatan rawon adalah daging berserat yang dipotong dadu, teksturnya harus pas, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras.

Sementara itu, kaldu rawon dibuat dengan menggunakan air rebusan tulang sapi yang dibuat tidak terlalu berminyak. Dengan kaldu dan pilihan daging yang pas, olahan rawon yang sempurna kini ditentukan oleh kualitas bumbu racikannya yang pas.

Pada saat disajikan, rawon tentu tidak s endiri, terdapat beberapa komponen lain yang wajib menemaninya, yaitu telur asin, tauge pendek, kerupuk udang. Jika Anda suka pedas, sambal terasi menjadi kompenen penting yang harus ada pada sajian rawon buatan Anda.

Untuk membuat rawon setidaknya diperlukan beberapa bahan dan bumbu, antara lain daging sapi, tulang sapi, lengkuas, jahe, serai, jeruk purut, daun jeruk, gula, dan asam jawa. Sementara itu bumbu yang dihaluskan antara lain keluak yang diambil isinya dan disangrai, bawang merah dan putih, ketumbar, garam, kunyit, dan penyedap rasa Resep Rawon Daging